Minggu, 06 Januari 2013

Indikator Pembelajaran Biologi


Kognitif
  • Produk
  • Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh.
  • Menghitung kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan angka metabolisme basal (AMB).
  • Menghitung nilai gizi asupan makanan dalam sehari. 
  •  Mengidentifikasi alat-alat pencernaan pada sistem pencernaan. 
  •  Mengklasifikasikan alat-alat pencernaan yang berupa saluran pencernaan.
  • Mengklasifikasikan alat-alat pencernaan yang berupa organ penghasil kelenjar pencernaan.  
  • Mengidentifikasi struktur saluran pencernaan. 
  • Mendeskripsikan fungsi saluran pencernaan. 
  • Mendeskripsikan fungsi kelenjar pencernaan 
  • Menjelaskan mekanisme proses pencernaan makanan pada manusia.
  • Menganalisis mekanisme proses pencernaan makanan pada manusia. 
  • Membedakan pencernaan mekanis dan kimiawi. 
  • Memberikan contoh kelainan pada sistem pencernaan manusia. 
  • Menilai makanan sebagai faktor penyebab penyakit pada sistem pencernaaan manusia. 
  • Mengidentifikasi struktur pencernaan makanan pada hewan ruminansia. 
  • Mendeskripsikan fungsi alat-alat pencernaan makanan pada hewan ruminansia. 
  • Menjelaskan mekanisme proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia. 
  • Menganalisis perbedaan dan persamaan pencernaan manusia dengan hewan ruminansia.
  •  Proses
  • Komunikasi menentukan ide atau pendapat pada saat diskusi berlangsung. 
  • Menemukan jawaban yang tepat. 
Psikomotor  
  • Melakukan diskusi dalam media blog dan  melakukan presentase hasil diskusi.
 Afektif
  • Karakter 
  • Menunjukkan perilaku yang berkarakter; religius, toleransi, disiplin, teliti rasa ingin tahu, dan komunikatif/bersahabat. 
  • Keterampilan Sosial 
  • Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial seperti; bertanya, menyumbang ide atau pendapat, dan menjadi pendengar yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BIOLOGI 09